Mengenal mangaka di balik cerita hebat 'ONE PIECE'

Mengenal mangaka di balik cerita hebat 'ONE PIECE'



Sosok sang Mangaka

Lahir pada 1 Januari 1975 di prefektur Kumamoto, Oda sejak kecil sudah tertarik pada dunia gambar. Saat berusia 4 tahun, ia sudah menetapkan cita-citanya menjadi seorang mangaka karena menurutnya dengan begitu ia tidak perlu pergi ke kantor layaknya orang dewasa yang bekerja. Di waktu kecil, Oda mempunyai kehidupan yang relatif sama dengan anak-anak Jepang seusianya. Ia suka berburu serangga, membaca komik, dan bermain sepak bola.






Ketika duduk di bangku SMP, Odacchi sangat bangga karena gambar karyanya berhasil menjadi pemenang dalam perlombaan sketsa.


Tentang perjalanan karir Manga
 
Saat itu Oda mulai berpikir untuk membuat manga sendiri. Pada tahun 1992, akhirnya Oda berhasil meraih gelar Silver Honors dalam ajang Tezuka Awards 44 melalui karyanya, Wanted! Sebagai informasi saja, Tezuka Award adalah penghargaan yang cukup bergengsi. Disana para rencai bakat didampingi oleh para staff editor Jump (bulanan atau mingguan) berusaha mencari bintang-bintang baru berbakat. Pada penghargaan inilah, beberapa mangaka terkenal seperti Yoshihiro Togashi, Hiroyuki Takei, Daisuke Higuchi, Takeshi Obata, Masanori Morita, Ryu Fujisaki, dan Masakazu Katsura memulai debut mereka.


Ada kejadian unik dibalik pembuatan Wanted!, yaitu 3 hari sebelum deadline penyerahan naskah, Oda mengalami kecelakaan mobil! Yang konyol, dalam perjalanan ke rumah sakit, hal pertama yang terpikir olehnya adalah bahwa hari itu ia harus mengembalikan kaset video yang dipinjamnya, Dokter memutuskan bahwa Odacchi harus diopname 1 hari. Dan selama di rumah sakit itulah ia berjuang mati-matian menyelesaikan Wanted! yang berlatar belakang dunia western. di saat seperti ini pun Oda masih memikirkan manganya walau saat itu sedang melakukan perawatan di Rumah Sakit.

ONE PIECE

Dan tepat di tahun 1997, bulan Juli. Oda mengeluarkan serial manga pertamanya berjudul ONE PIECE, berkisah seorang bernama Luffy yang bercita-cita menjadi Raja bajak laut dan berpetualang kedunia. sampai saat ini, manganya selalu berada di urutan nomor satu dengan skala penjualan manga paling laris di Jepang dan dunia. Berbicara tentang One Piece, penamaan "One Piece" adalah sebuah rahasia kecil milik Oda sendiri. sayangnya karena terlalu rahasia, ia belum membeberkan arti ONE PIECE yang ia maksud.

Tentang One Piece sendiri, adalah kisah dunia Bajak Laut. seorang tokoh utama bernama Luffy, bercita-cita menjadi Raja Bajak Laut yang paling bebas sedunia dan menemukan harta karun bernama One Piece. sebuah benda yang menyimpan sejarah besar, banyak di buru oleh bajak laut yang mengincarnya.


Oda berkata bahwa dia tidak akan pernah memberikan kemampuan kepada Luffy dkk untuk terbang bebas mengarungi angkasa, sebab hal ini akan mengurangi keindahan berpetualang melalui jalur laui itu sendiri. Untuk TOTAL KRU yang dimiliki Luffy sendiri, sang mangaka berpikir bahwa 10 adalah angka yang paling tepat. semua terdiri dari :

1. Luffy (sebagai Kapten)
2. Zoro (wakil Kapten)
3. Sanji (juru masak)
4. Usopp (Penembak ulung)
5. Nami (bendaharanya kru)
6. Chopper (dokter)
7. Robin (Arkeolog)
8. Franky (Teknisi perahu)
9. Brook (Musisi)
10. (di ketahui Kru ke-10 adalah Jinbe, meski belum resmi)



Menurut saya, Kehebatan Oda dalam meracik cerita One Piece adalah memberi development pada setiap karakter masing-masing, bahkan tiap karakter di beri sebuah impian yang dapat memperkuat alur cerita agar semakin menarik. untuk jam kerjanya sendiri, karena Manganya selalu rilis setiap mingguan, maka sang mangaka harus full-time bekerja penuh untuk menyelesaikan draft-draft sketsa yang nantinya akan di koreksi oleh Editor untuk di terbitkan ke majalah. bahkan ia mengaku, hanya tidur 3 jam saja karena masih banyak gambaran cerita yang masih harus di selesaikan. namun Oda mengaku, dia sangat menikmati pekerjaannya.

Tapi tetap, bagi Oda, menghibur semua orang dengan serial ciptaannya sudah tentu merupakan kebahagiaannya sendiri.

Hal yang di dapat dari sosok Oda adalah Hardwork (kerja keras). karena untuk memulai suatu karir, semua di mulai dari kerja keras sekecil apapun bentuknya. tidak mudah menjadi seorang Mangaka sukses, kadang ada kala di saat ia kehabisan ide untuk kelanjutan ceritanya, dan rela mengorbankan waktu istirahatnya demi memuaskan fans yang selalu menanti serialnya.

Dan juga, dalam serial ONE PIECE miliknya, mengandung banyak pesan moral di setiap karakter ciptaannya. bahwa di balik perjuangan untuk mencapai sebuah IMPIAN, akan ada banyak pengalaman yang akan di ceritakan ke generasi dan generasi mendatang.


Sumber Artikel  : https://www.kaskus.co.id/thread/51b34d193c118ef65d000009/mengenal-lebih-dekat-sosok-quoteiichiro-odaquot-one-piece/ 


-Santika Wijayanti



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bussines Model Canvas